Senin, 02 Februari 2009

valetntine

pada tanggal 14 februari merupakan hari yang istimewa bagi sebagian kalangan muda. karena pada tanggal tersebut merupakan hari valentine. bagi kalangan muda pada hari tersebut merupakan hari kasih sayang dan mereka berusaha untuk mengungkapkan rasa kasih sayang mereka kepada kekasih mereka, istri mereka dan orang-orang yang mereka sayangi.



namun yang terjadi sekarang hari valentine sekarang ini identik dengan seks bebas, pesta hura-hura, dan lain-lain yang secara norma telah mereka langgar. mereka menganggap hari valentine merupakan saat-saat yang tepat untuk mengungkapkan kasih sayang mereka dengan bahasa tubuh atau dengan kata lain mereka ungkapkan kasih sayang dengan hubungan intim( seks) antara laki-laki dan perempuan diluar ikatan pernikahan.



sekarang yang mennjadi pertanyaan kita adalah



apakah hari valentine itu?



apakah tanggal14 februari benar-benar hari kasih sayang seperti yang dipahami sebnagian orang selama ini?



bagaimana sejarah lahirnya hari valentine itu?



apakah valentine`s day identik dengan seks bebas?



berawal dari pertanyaan itu penulis akan mengupas seputar pemahaman penulis tentang perayaan valentine`s day secara objectif. semoga dengan ulasan ini nanti kita dapat menyimpulkan dan kita dapat berpikir apakah kita pertu merayakan valentine`s day atau tidak.

yang pertama marilah kita teliti terlebih dahulu bagaimana sejarah hari valentine dan apakah valentine itu benar-benar hari kasih sayang?

menurut versi PERTAMA, Kaisar Claudius II memerintahkan menangkapdan memenjarakan St. Valentine. Ia adalah seorang Bishop (Pendeta) diTerni, satu tempat sekitar 60 mil dari Roma. Iapun dikejar-kejar karenamempengaruhi beberapa keluarga Romawi dan memasukkan mereka ke dalamagama Kristen. Kemudian ia dipancung di Roma sekitar tahun 273 masehi.
Sebelum kepalanya dipenggal, Bishop (Pendeta) itu mengirim surat kepadapara putri penjaga-penjaga penjara dengan mendoakan semoga bisa melihatdan mendapat kasih sayang Tuhan dan kasih sayang manusia. ?DariValentinemu? demikian tulis Valentine pada akhir suratnya itu. Surat itutertanggal 14 Februari 270 M. sehingga tanggal tersebut ditetapkansebagai Valentine?s Day atau Hari Kasih Sayang.
Versi KEDUA, menceritakan bahwa Kaisar Claudius II menganggap tentaramuda bujangan lebih tabah dan kuat dalam medan peperangan dari pada orang yang menikah. Kaisar lalu melarang para pemuda untuk menikah,namun St.Valentine melanggarnya dan diam-diam menikahkan banyak pemudasehingga iapun ditangkap dan dihukum gantung pada 14 Februari 269 M(lihat: The World Book Encyclopedia, 1998).
Versi KETIGA, perayaan ini dihubungkan dengan St. Valentine, seorangPendeta yang hidup di Roma pada tahun 200 masehi, dibawah kekuasaan Kaisar Claudius II. St. Valentine ini pernah ditangkap oleh orang-orangRomawi dan dimasukkan ke dalam penjara, karena dituduh membantu satu pihak untuk memusuhi dan menentang Kaisar. St. Valentine ini berhasil ditangkap pada akhir tahun 270 masehi. Kemudian orang-orang Romawi memenggal kepalanya di Palatine Hill (Bukit Palatine) dekat altar Juno.(diambil dari blog dokter).

bila kita cermati sekilas hari valentine merupakan hari untuk memperingati tragedi pembunuhan terhadap st.valentine seorang pendeta yang dianggap memusuhi kaisar romawi. dengan demikian bisa dikatakan valentine`s day adalah hari untuk mengenang suatu kejadian terhadap seseorang, kalau kita pikir kenapa hanya hari meninggalnya st.Valentine saja yang kita peringati bukan hari kejadian yang lebih menyedihkan kita. misalnya tragedi peperangan di Palestina yang lebih banyak memakan korban dan diluar batas kemanusiaan.

sedangkan bila dilihat dari tujuan valentine`s day. kita lihat kembali sejarah st.valentine meninggal karena disiksa penguasa karena ia menentang penguasa Romawi pada saat itu. dari aspek tujuan dari sejarah peringatan hari valentine adalah untuk mengenang perjuangan st.valentine yang kebetulan meninggal pada tanggal 14 februari, jadi valentine bukanlah hari kasih sayang.

dalam kenyataannya perayaan valentine`s day di Indonesia yang dianggap sebagai hari kasih sayang, namun yang terjadi bukannya hari valentine sebagi hari untuk mengungkap kan kasih sayang tetapi valentine`s day selalu identik dengan perbuatan-perbuatan yang secara moral telah jauh dari kesusilaan misalnya hari valentine mereka rayakan dengan seks bebas, hura-hura, dll. jadi ma`na valentine sudah terjadi penyimpangan dari tujuan valentine`s day itu sendiri.

dengan melihat dari tujuan dan hal-hal yang berkaitan dengan valentine`s day. ayolah kita sebagai pemuda selaku penerus bangsa ini jangan cuma ikut-ikutan saja ngerayain valentine`s day tanpa mengetahui sejarah, tujuan, dan akibat yang timbul dari perayaan tersebut.

apabila kita generasi muda hanya iktu-ikutan saja budaya orang, apalagi sampai menjurus kepada perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum tentu akan merusak diri kita sendiri dan juga akan berakibat pada rusaknya bangsa ini.

ingatlah valentine`s day bukanlah hari kasih sayang, tetapi hanya hari peringatan meninggalnya st. valentine!

jadi ngapain kita ngerayai hari valentine kalau hanya akan berakibat pada rusaknya bangsa ini.

sekarang yang harus kita pikirkan bukan hanya perayaan hari valentine saja, tapi yang kita pikirkan adalah bagaimana kita memperbaiki bangsa ini yang hanya akan merusak generasi muda. ingatlah! bahwa kemajuan bangsa ini tergantung pada generasi muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar